PENGARUH FRAKSI VOLUME DAN WAKTU PERENDAMAN ALKALI TERHADAP SIFAT KEKUATAN BENDING DARI KOMPOSIT BERPENGUAT SERBUK KULIT WARU

Rozan, Hermansyah (2021) PENGARUH FRAKSI VOLUME DAN WAKTU PERENDAMAN ALKALI TERHADAP SIFAT KEKUATAN BENDING DARI KOMPOSIT BERPENGUAT SERBUK KULIT WARU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA-F1C015075-ROZAN HERMANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Didalam dunia industri pengertian bahan komposit yaitu kombinasi material yang terdiri dari dua atau lebih material yang berbeda, yang dicampur menjadi satu, dan menghasilkan sifat mekanik dan karakteristik material yang beerbeda dari material pembentuknya. Kata komposit (composite) merupakan kata sifat yang berarti gabungan atau susunan. Composite berasal dari kata kerja “to compose” yang berarti bahan gabungan dari dua atau lebih bahan yang berlainan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh fraksi volume dan waktu perendaman alkali terhadap kekuatan bending dari komposit berpenguat serbuk kulit waru. Bahan yang digunakan adalah serbuk kulit waru, resin polyester dengan komposisi variasi fraksi volume serbuk, mulai dari 5%, 10%, dan 20% dengan konsentrasi NaOH 5% dan KOH 5% dengan perendaman 2 jam, 4 jam, 6 jam dan 8 jam. Metode pengujian yang dilakukan adalah uji bending. Hasil yang didapatkan untuk pengujian bending tertinggi dari 5%, 10%, dan 20% dengan konsentrasi NaOH 5% dan KOH 5% adalah pada fraksi 5% dan 10% dengan perendaman 8 jam dan pada fraksi 20% pada 2 jam perendaman. Sedangkan untuk konsentrasi KOH 5%, kekuatan bending tertinggi dari 5%, 10%, dan 20% adalah fraksi 5% dan 20% pada perendaman 4 jam dan fraksi 10% pada perendaman 8 jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : komposit, serbuk kulit waru, NaOH, KOH, fraksi volume, bending.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 08 Mar 2021 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item View Item