Perancangan dan Pembuatan Alat Water Meter Digital dan Nilai Bayar Berbasis Mikrokontroller Arduino UNO (R3) dan Node MCU ESP32.

RIZKY, YUDIANSYAH (2021) Perancangan dan Pembuatan Alat Water Meter Digital dan Nilai Bayar Berbasis Mikrokontroller Arduino UNO (R3) dan Node MCU ESP32. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Laporan TA_RIZKY YUDIANSYAH_F1B016085.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meter Air adalah salah satu jenis alat ukur volume air minum pada jaringan perpipaan untuk melayani pemakai baik perorangan ataupun kelompok dengan memperhatikan aspek teknis dan non teknis. Saat ini banyak PDAM yang masih menggunakan system peralatan meter air secara manual. Petugas datang langsung kerumah-rumah pelanggan untuk mengecek jumlah angka pada meteran air. Dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada bisa diciptakan system perhitungan dan pembayaran yang lebih mudah dan efesien, yaitu dengan sebuah alat yang bisa menampilkan langsung berapa penggunaan volume air dan berapa pembayaran yang harus dibayarkan kemudian Pemantauan melalui android mempunyai kemampuan untuk memonitoring penggunaan air, biaya pembayaran air yang harus di bayarkan oleh pihak pelanggan PDAM, Pada penelitian ini digunakan 2 variabel input yaitu data data volume air dan Biaya pembayaran air. Sistem pemantauan penggunaan air dan biaya pembayaran air ini menggunakan sensor-sensor seperti sensor water flow YF-S201, Modul SD Card dan Modul RTC DS3231 . Arduino Uno R3 sebagai mikrokontroler digunakan untuk memproses data yang dihubungkan dengan ESP32 agar terhubung dengan internet, aplikasi Blynk digunakan sebagai platform untuk menampilkan data penggunaan air dan biaya pembayaran air. Alat water meter digital sudah dapat berjalan dengan baik, yaitu sudah dapat mengukur volume air dengan pengujian penggunaan air dan biaya pembayaran dalam kurun waktu satu minggu yaitu Nilai pemakaian dalam satu minggu berkisar antara 0,06 m3 – 0,67 m3, dengan rata-rata pemakaian air dalam satu minggu sebesar 0,384 m3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sensor Water Flow YF-S201, Modul SD Card, Modul RTC DS3231, Arduino Uno R3, ESP32, Aplikasi Blynk.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 25 May 2022 06:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item