EFEK PERENDAMAN NaOH DAN KOH TERHADAP SIFAT KEKUATAN TARIK DAN MORFOLOGI DARI KOMPOSIT BERPENGUAT SERBUK KULIT WARU (HIBISCUS TILIACEUST)

Muhammad, Rama Setiyadi (2021) EFEK PERENDAMAN NaOH DAN KOH TERHADAP SIFAT KEKUATAN TARIK DAN MORFOLOGI DARI KOMPOSIT BERPENGUAT SERBUK KULIT WARU (HIBISCUS TILIACEUST). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C015057_MUHAMMAD RAMA STIYADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Komposit dari bahan serat (fibrous composie) terus diteliti dan dikembangkan guna menjadi bahan alternatif pengganti bahan logam, hal ini disebabkan sifat dari komposit serat yang kuat dan mempunyai berat yang lebih ringan dibandingkan dengan logam. Susunan komposit terdiri dari serat atau filler serta matrik sebagai bahan pengikatnya. Potensi serat alam sebagai bahan pengisi komposit masih terus dikembangkan dan diselidiki. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kekuatan tarik komposit berpenguat serbuk kulit waru dengan perlakuan alkali NaOH dan KOH. Bahan yang digunakan adalah serbuk kulit waru dengan matrik resin polyester, dengan fraksi volume serbuk 5%, 10% dan 20% dengan perlakuan alkali 5% NaOH dan 5% KOH dengan perendaman selama 2 jam, 4 jam, 6 jam dan 8 jam. Spesimen dan prosedur pengujian tarik mengacu pada standar ASTM D3039. Hasil penelitian ini menunjukkan kekuatan tarik tertinggi dengan perlakuan alkali 5% NaOH pada perendaman 8 jam dengan fraksi volume 5% sebesar 33,33 MPa dan kekuatan tarik terendah perlakuan alkali 5% NaOH pada perendaman 2 jam dengan fraksi volume 10% sebesar 22,97 MPa. Sedangkan kekuatan tarik tertinggi perlakuan alkali 5% KOH pada perendaman 8 jam dengan fraksi volume 10% sebesar 34,96 MPa dan kekuatan tarik terendah perlakuan alkali 5% KOH pada perendaman 6 jam dengan fraksi volume 20% sebesar 21,96 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Komposit, serbuk kulit waru, NaOH, KOH, fraksi volume, kekuatan tarik.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 08 Mar 2021 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21290

Actions (login required)

View Item View Item