PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATERI PPKn DI KELAS V SDN 2 KALIJAGA

FERIANTO, ZUHDI (2021) PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATERI PPKn DI KELAS V SDN 2 KALIJAGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FERIANTO-dikonversi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada muatan materi PPKn di kelas V SDN 2 Kalijaga Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kategori Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 2 Kalijaga sebanyak 45 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas V/A sebagai kelas eksperimen dan kelas V/B sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil observasi keterlaksanaan metode Group Investigation termasuk kategori “sangat tinggi” dengan persentase nilai 93,18% pada pertemuan pertama dan 95,45% pada pertemuan ke dua. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan metode Group investigation mengalami peningkatan, dilihat dari rata-rata sebelum diberi perlakuan (Pre-test), yakni 50, setelah diberi perlakuan hasil belajar (post-test) siswa meningkat, yakni 86,81. Berdasarkan hasil Uji hipotesis menggunakan uji independent samples t test dengan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa thitung sebesar (2,742 dan 2,727) > ttabel (0,294) untuk hasil belajar siswa dan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,009<0,05. Maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima., artinya ada pengaruh yang positif penerapan metode Group Investigation terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 2 Kalijaga tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Metode Group Investigation, Pengaruh, Hasil belajar, Muatan Materi PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:44
Last Modified: 08 Mar 2021 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21319

Actions (login required)

View Item View Item