PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN BIJI DENGAN EKSTRAK UMBI BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Yun, Yuliana (2021) PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN BIJI DENGAN EKSTRAK UMBI BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUN YULIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

Yun Yuliana Page 1 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan lama perendaman biji dengan ekstrak bawang merah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Percobaan dilakukan di Screen House Fakultas Pertanian Universitas Mataram sejak bulan Februari sampai Juni 2020. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri atas dua faktor yaitu konsentrasi (K) terdiri atas 4 aras dan lama perendaman (L) terdiri atas 3 aras. Kombinasi dari kedua faktor diperoleh 15 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 5 kali, sehingga diperoleh 75 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persentase bibit bawang merah yang hidup pada konsentrasi dan lama perendaman yang berbeda. Persentase bibit hidup tertinggi diperoleh pada interaksi konsentrasi 10% dan lama perendaman 2 jam, sedangkan persentase terendah diperoleh pada interaksi tanpa ekstrak bawang merah dan lama perendaman 2 jam. Konsentrasi ekstrak bawang merah berpengaruh nyata terhadap laju pertambahan panjang daun tanaman bawang merah dengan laju pertambahan pada konsentrasi 5% dan laju terendah diperoleh pada konsentrasi 0% (tanpa perlakuan ekstrak bawang merah). Lama perendaman biji TSS dengan ekstrak bawang merah berpengaruh nyata terhadap bobot basah umbi, bobot basah daun, bobot kering umbi dan bobot kering daun tanaman. Bobot basah umbi dan bobot kering umbi tanaman bawang merah terbaik terjadi pada konsentrasi 20%, sedangkan bobot umbi tanaman bawang merah terendah terjadi pada perlakuan dengan konsentrasi 0% (tanpa perlakuan ekstrak bawang merah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Konsentrasi ekstrak bawang merah, lama perendaman, ZPT.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:45
Last Modified: 08 Mar 2021 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item