PENGEMBANGAN BONEKA KULIT JAGUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARAANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA MUJUR TAHUN 2020

SRI, WAHYUNI (2021) PENGEMBANGAN BONEKA KULIT JAGUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARAANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA MUJUR TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sri wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih mulai berkembangnya kemampuan mengungkapkan perasaan kepada orang lain dalam hal kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk boneka kulit jagung dan cara memainkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bentuk boneka kulit jagung yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I (pertemuan I) memperoleh nilai persentase sebesar (41,45%). terjadi peningkatan di tahap I (pertemuan II) sebesar (51,39%), pada tahap pengembangan II (pertemuan III)meningkat lagi mencapai (61,11%),pada tahap pengembangan II (pertemuan IV)sebesar (68,75%),di tahap pengembangan III (pertemuan V) sebesar (75%), tahap pengembangan III (pertemuan VI atau terakhir) sebesar (86,81%). Jadi, sangat disarankan kepada orang tua ataupun guru untuk dapat mengembangkan media yang bisa meningkatkan kemampuan berbicara anak contohnya seperti boneka kulit jagung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Boneka, kulit jagung, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:45
Last Modified: 08 Mar 2021 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item