IDENTIFIKASI KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN E- LEARNING DI SDN 3 BATUNYALA KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

RESTI, APRILIANA (2021) IDENTIFIKASI KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN E- LEARNING DI SDN 3 BATUNYALA KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RESTI APRILIANA (E1E016118) FIX22.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam penerapan e- learning di SDN 3 Batunyala Kecamatan Praya Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan e-learning guru bisa mendapatkan pengetahuan baru, masih bisa menciptakan kedekatan emosional dengan siswa, guru sudah familiar dengan penggunaan HP dan laptop, dan terkait sarana dan prasarana yang disediakan di sekolah sudah cukup memadai. Akan tetapi masih terdapat banyak kendala yang mempengaruhi proses penerapannya seperti: a) sakit di bagian mata dan badan ketika terlalu lama menggunakan HP/laptop, b) guru merasa kesulitan menyampaikan materi dan membuat siswa paham, c) guru merasa kurang nyaman dengan penerapan e-learning, d) guru merasa kesulitan dalam menyusun materi yang menarik dan mudah dipahami, e) tidak semua siswa memiliki HP, f) tidak semua siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, g) kuota internet masih kurang dan sinyal kadang lelet saat di rumah. Oleh karena itu guru di SDN 3 Batunyala belum sepenuhnya siap untuk penerapan e-learning.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kesiapan guru, e-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:58
Last Modified: 09 Mar 2021 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21333

Actions (login required)

View Item View Item