ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI SDN 1 SURADADI KECAMATAN TERARA TAHUN AJARAN 2020/2021

ROHANI, ROHANI (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI SDN 1 SURADADI KECAMATAN TERARA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Suradadi pada bulan November 2020 dengan subjek penelitian 24 siswa kelas II. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Iteraktif Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan 20 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM dan 4 siswa yang berhasil mendapatkan nilai diatas KKM. Hasil tes ini menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dialami oleh siswa kelas II dalam materi penjumlahan dan pengurangan. Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal tes diantaranya : kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bersusun panjang, kesulitan dalam menentukan ratusan, puluhan dan satuan dalam soal, kesulitan dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam, kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan teknik menyimpan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita karena tidak memahami soal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Penjumlahan dan pengurangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:58
Last Modified: 09 Mar 2021 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21334

Actions (login required)

View Item View Item