PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS

LINDA, LUSIANA MUSLIM (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX LINDA LUSIANA MUSLIM (E1Q015033).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa pada materi getaran harmonis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikembangkan adalah 4D Models. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran fisika berbasis model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 3 orang dosen pendidikan fisika. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dari penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, tes kemampuan berpikir kreatif, dan tes pemahaman konsep. Penelitian ini melakukan uji validitas untuk menentukan kelayakan dan tingkat validitas perangkat pembelajaran. Data hasil validitas diperoleh nilai 3,39 untuk silabus, 3,27 untuk RPP, 3,41 untuk bahan ajar, 3,41 untuk LKPD, 3,37 untuk tes kemampuan berpikir kreatif dan 3,33 untuk tes pemahaman konsep. Sehingga rata-rata validitas perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat valid dengan tingkat validitas yaitu 3,36. Selanjutnya yaitu uji reliabilitas, diperoleh hasil interval koefisien yaitu 0,973 untuk silabus, 0,976 untuk RPP, 0,939 untuk bahan ajar, 0,982 untuk LKPD, 0,958 untuk untuk tes kemampuan berpikir kreatif dan 0,963 untuk tes pemahaman konsep. Sehingga rata-rata interval koefisien reliabilitas yaitu 0,965 dengan kategori reliabel. Kesimpulannya bahwa perangkat pembelajaran valid dan reliabel untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, discovery learning, kemampuan berpikir kreatif, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:58
Last Modified: 09 Mar 2021 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21336

Actions (login required)

View Item View Item