PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL BERBASIS MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

SELLY, WAHYUNI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL BERBASIS MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SELLY WAHYUNI_E1Q016059_PENDIDIKAN FISIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbantuan modul berbasis model pembelajaran advance organizer yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), modul ajar berbasis model advance organizer, dan instrumen tes berupa soal penguasaan konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, soal dan angket respon peserta didik. Data validitas dianalisis dengan analisis validasi ahli untuk menentukan nilai validitas perangkat. Peningkatan penguasaan konsep fisika dianalisis dengan menentukan standar gain dari hasil sebelum dan sesudah pembelajaran. Validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 84,72%, modul ajar berbasis model advance organizer sebesar 82,07 % dan soal penguasaan konsep sebesar 76,85%. Reliabilitas RPP, modul ajar dan soal tes penguasaan konsep di atas 75% yang menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai termasuk dalam kategori reliabel. Perangkat pembelajaran juga efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika. Diperoleh N-gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis serta efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, modul berbasis model Advance Organizer, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:58
Last Modified: 09 Mar 2021 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item