ANALISIS KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM DALAM MENYUSUN RPP MATEMATIKA KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

AFWAN AL FIANSYAH, M. (2021) ANALISIS KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM DALAM MENYUSUN RPP MATEMATIKA KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi akhir Afwan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di lapangan diperoleh data bahwa terdapat guru yang masih kesulitan dalam mengembangkan RPP Matematika. Berkaitan dengan permasalahan tersebut maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan guru kelas IV di Gugus VI Kecamatan Cakranegara Kota Mataram dalam Menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013. Fokus penelitian pada penelitian ini terdiri dari persepsi guru kelas IV SD dalam menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013, kesulitan yang dialami guru kelas IV SD dalam menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013, serta faktor penyebab kesulitan yang dialami guru kelas IV SD dalam menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian; 1) Persepsi guru kelas IV SD dalam menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013: RPP Matematika sebagai acuan guru dalam mengajar, rujukan guru menyusun RPP Matematika berasal dari Permendikbud No.22 Tahun 2016, Surat Edaran Kemdikbud No. 14 Tahun 2019, supervisi sebagai motivasi guru dalam menyusun RPP Matematika. 2) Kesulitan guru kelas IV SD dalam menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013: guru kesulitan dalam merencanakan alokasi waktu, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pembelajaran, melakukan penilaian pembelajaran. 3) Faktor penyebab kesulitan yang dialami guru kelas IV SD dalam menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013: materi pada pembelajaran Matematika sulit diterima dalam waktu yang singkat, kemampuan dasar siswa, sarana dan prasarana, jumlah siswa dan sistem penilaian kurikulum 2013, sikap guru terhadap kebijakan tentang RPP, manajemen waktu, penguasaan IT, serta pelatihan penyusunan RPP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Kesulitan guru, RPP Matematika, Kurikulum 2013, Matematika sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:58
Last Modified: 09 Mar 2021 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21339

Actions (login required)

View Item View Item