STANDAR ISI, BAHASA DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (2017) TEMA 2 “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” KELAS V KURIKULUM 2013

HALIMATUSSA’DIAH, HALIMATUSSA’DIAH (2021) STANDAR ISI, BAHASA DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (2017) TEMA 2 “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” KELAS V KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX jilid (print cover, daftar isi sampai abstrak)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buku merupakan salah satu sumber belajar sekaligus bahan ajar yang penting dan banyak digunakan dalam pembelajaran. Penyajian materi dalam buku teks harus memenuhi standar yang sudah ditentukan. Saat ini banyak para penulis yang berlomba-lomba menerbitkan buku teks tanpa memperhatikan standar dalam penulisan dan penyajian buku teks. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu sumber masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian standar isi, bahasa, dan penyajian pada buku tematik terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) tema 2 kelas V kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakan penelitian jenis analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku tematik terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) tema 2 kelas V kurikulum 2013 dilihat dari standar isi, bahasa dan penyajian didapatkan : (1) kesesuaian pada standar isi adalah sebesar 93,05% atau pada kategori sangat sesuai; (2) kesesuaian pada standar bahasa sebesar 93,32% atau pada kategori sangat sesuai; dan (3) kesesuaian pada standar penyajian sebesar 100% atau pada kategori sangat sesuai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Standar isi, bahasa dan penyajian, Buku tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:59
Last Modified: 09 Mar 2021 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21343

Actions (login required)

View Item View Item