KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL OPEN ENDED MATERI LINGKARAN BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 MATARAM

TRI, RAHAYU AGUSTINA (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL OPEN ENDED MATERI LINGKARAN BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Tri Rahayu Agustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal open ended materi lingkaran berdasarkan kemampuan awal matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 siswa yang dipilih dengan purposive sampling. Subjek dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal matematika dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah, menggunakan hasil ulangan tengah semester. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes berupa tes pemecahan masalah open ended pada materi lingkaran yang terdiri dari 2 soal uraian serta metode wawancara yang dilakukan terhadap 6 subjek. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya, yang terdiri dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan awal matematika kategori tinggi berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata 79,69. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan awal matematika kategori sedang berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata 77,50. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan awal matematika kategori rendah berada pada kategori kurang, dengan nilai rata-rata 48,30. Siswa dengan kemampuan awal matematika kategori tinggi dan sedang memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, namun belum memenuhi indikator memeriksa kembali. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal matematika kategori rendah memenuhi indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, namun belum memenuhi indikator melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, soal open ended, kemampuan awal matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:49
Last Modified: 09 Mar 2021 04:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21348

Actions (login required)

View Item View Item