PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PERSERTA DIDIK KELAS XI MIA DI SMAN 1 LINGSAR

HUSNUL, AZIZATURRIZKINA (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PERSERTA DIDIK KELAS XI MIA DI SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Husnul Azizaturrizkina_E1A016024_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan penguasaan konsep merupakan kemampuan yang sangat penting untuk ditingkatkan. Untuk meningkatkannya kemampuan tersebut pada masa covid-19 salah satu inovasi untuk mencapai kemampuan tersebut adalah dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash melalui penggunaan media online. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang memiliki 6 tahapan pembelajaran yang mampu mendukung tercapainya kemampuan penguasaan konsep. Macromedia Flash merupakan media yang dapat membuat pembelajaran semakin menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash melalui penggunaan media online terhadap penguasaan konsep biologi perserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Lingsar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 143 perserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t (Polled Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 3,22 > ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash melalui penggunaan media online berpengaruh signifikan meningkatkan penguasaan konsep perserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penguasaan Konsep, Discovery Learning, Macromedia Flash
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:44
Last Modified: 15 Mar 2021 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item