ANALISIS KESULITAN DAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

NURIMAMA, NURIMAMA (2021) ANALISIS KESULITAN DAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURIMAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pemecahan masalah matematika serta untuk mendeskripsikan kategori Self-Efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket Self-Efficacy , soal tes (uraian) yang berjumlah 2 nomor dan wawancara untuk mendalami. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 11 November 2020 sampai dengan tanggal 22 November 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini hanya menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan soal tes (uraian) untuk mengukur tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel (SPLSV), angket untuk mengukur tingkat Self-Efficacy siswa, dan wawancara untuk memperkuat atas data yang sudah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu pada tahap melihat kembali dengan persentase 68% dengan kategori tinggi dan pada tahap melaksanakan rencana dengan persentase 62% dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk Self-Efficacy siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram mendapatkan rataan hitung sebesar 72,73 pada kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kesulitan dalam pemecahan masalah matematika, Self-Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:44
Last Modified: 15 Mar 2021 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21383

Actions (login required)

View Item View Item