PENGARUH KONSENTRASI BORIC ACID EQUIVALENT TERHADAP PENGAWETAN KAYU BANGSAL (Engelhardia spicata Lechen. Ex Blume) DENGAN METODE RENDAMAN DINGIN

Bhagast, Adjie Vhanotank (2021) PENGARUH KONSENTRASI BORIC ACID EQUIVALENT TERHADAP PENGAWETAN KAYU BANGSAL (Engelhardia spicata Lechen. Ex Blume) DENGAN METODE RENDAMAN DINGIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1L016019-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kayu Bangsal jarang digunakan sebagai kayu konstruksi karena tingkat keawetannya yang rendah (Kelas Awet IV/V) dan sifatnya yang tidak kuat dan mudah terserang rayap tanah. Solusi dari tingkat keawetan kayu yang rendah adalah dengan cara diawetkan. Pengawetan kayu menggunakan sampel kayu bangsal dari desa Sambik Elen, Kabupaten Lombok Utara menggunakan bahan pengawet Boric Acid Equivalent (BAE) dilakukan dengan metode rendaman dingin. BAE dipilih sebagai pengawet kayu karena dikenal memiliki beberapa sifat antara lain beracun terhadap jamur dan serangga perusak kayu tetapi tidak berbahaya bagi manusia maupun ternak, tidak korosif terhadap logam, tidak berbau dan tidak merubah warna, serta kayu yang diawetkan dapat dicat, diplitur atau direkat dengan baik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) dengan 2 faktor. Faktor yang diamati berupa 3 taraf arah aksial dan 3 taraf konsentrasi bahan pengawet. Parameter yang diamatin berupa absorbsi, retensi (teoritis dan aktual), dan penetrasi. Perhitungan uji lanjut menggunakan Analysis Of Varians (ANOVA). Hasil dari penelitian ini menunjukan konsentrasi bahan pengawet berpengaruh nyata terhadap retensi teoritis, arah aksial berpengaruh nyata terhadap absorbsi dan penetrasi, sedangkan interaksi konsentrasi bahan pengawet dan arah aksial berpengaruh nyata terhadap retensi aktual. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan tentang ketahanan terhadap serangan rayap tanah menggunakan uji kubur 3, 6 dan 9 bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Boric Acid Equivalent, Kayu Bangsal, Pengawetan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:43
Last Modified: 15 Mar 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item