KEEFEKTIFAN DESAIN PEMBELAJARAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOLS, APPLICATION) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 UTAN PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Riska, Dwi Setiawati (2021) KEEFEKTIFAN DESAIN PEMBELAJARAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOLS, APPLICATION) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 UTAN PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Riska Dwi Setiawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan desain pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictorial, Symbols, Application) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Utan pada materi relasi dan fungsi tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only design. Penelitian dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan 3 kali pertemuan untuk proses pembelajaan menggunakan semua komponen ELPSA dan 1 kali pertemuan untuk pelaksanaan posttest. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel adalah kelas VIII-1A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan desain pembelajaran ELPSA. Pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Instrumen meliputi: tes hasil belajar dan lembar observasi. Data hasil belajar digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dan data hasil observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Indikator keefektifan desain pembelajaran ELPSA yaitu jika hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 siswa yang telah tuntas belajarnya atau sebesar 87,50% dan 2 siswa yang tidak tuntas belajarnya atau sebesar 12,50% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 82,38. Hasil observasi aktivitas siswa berkriteria aktif dengan persentase yaitu 74% dan aktivitas guru berkriteria baik dengan persentase yaitu 71%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji-t, diperoleh �ℎ����� = −4,904 dan −����

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Eksperimen Semu, Posttest, Cluster Random Sampling, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:43
Last Modified: 15 Mar 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item