ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI Vibrio sp. PENYEBAB PENYAKIT BERAK PUTIH (WHITE FECES DISEASE) PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

MUHAMMAD, FAUZI (2021) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI Vibrio sp. PENYEBAB PENYAKIT BERAK PUTIH (WHITE FECES DISEASE) PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (MUH.FAUZI) C1K014062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budidaya memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi namun dalam kegiatan budidaya, faktor terpenting dari siklus produksi budidaya adalah menghasilkan udang yang unggul dan berkualitas. Masalah penyakit menjadi indikator utama selain kelalaian operasional pemeliharaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Isolasi dan Identifikasi Bakteri Vibrio sp. Penyebab Penyakit Berak Putih (White feces disease) pada Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 bulan November sampai dengan tanggal 16 bulan Desember 2019 yang bertempat di Laboratorium Mikrobiologi Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Mataram (BKIPM). Udang vaname yang menunjukkan gejala vibriosis diperoleh dari Pertambakan Dadap, Desa Dadap, Lombok Timur dari hasil pelaporan para petambak. Sampel dibagi menjadi 4 yaitu pada sampel A air, sampel B usus udang, sampel C usus udang, sampel D usus udang. Isolasi bakteri dilakukan dari sampel air dan usus secara aseptis, kemudian diinokulasi dan dimurnikan pada medium Thiosulphate Citrate Bile Sucrose Agar (TCBSA). Identifikasi bakteri Vibrio sp. meliputi uji pewarnaan Gram, uji katalase, uji gulagula, uji oksidase, motility dan identifikasi morfologi bakteri. Hasil karakterisasi pencocokan data penelitian dengan tabel pemeriksaan bakteriologi diperoleh pula bahwa bakteri yang berasosiasi dengan udang vaname dari Tambak Dadap, Lombok Timur adalah V. Harveyi pada sampel A dan B, V. Fulnivisi pada sampel C dan V. Carchariae pada sampel D.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Isolasi, Identifikasi, Vibrio sp., Udang Vaname
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:43
Last Modified: 15 Mar 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item View Item