PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN KARTU KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 33 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021

Titi, Sumiarti (2021) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN KARTU KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 33 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Titi Sumiarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write berbantuan kartu kalimat terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas V SDN 33 Kota Bima Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan model Think Talk Write berbantuan Kartu Kalimat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 33 Kota Bima Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari kelas V A dan kelas V B dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, yakni pengambilan sampel dengan menjadikan semua populasi sebagai anggota sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil menulis siswa dan lembar observasi untuk keterlaksanaan model pembelajaran yang diterapkan. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data hasil menulis siswa dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,218 > 2,045 dan rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,43 > 73,66 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H₁ ) diterima sehingga dapat disimpulkan „„Ada pengaruh model Think Talk Write berbantuan Kartu Kalimat terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas V N 33 ota Bima Tahun Ajaran 2020/2021”. Dengan demikian model Think Talk Write berbantuan kartu kalimat dengan 9 langkah pembelajaran dapat diterapkan untuk mempengaruhi kemampuan menulis Teks Narasi di kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Think Talk Write, Kartu Kalimat, Kemampuan Menulis Teks Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Mar 2021 00:27
Last Modified: 16 Mar 2021 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item