PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 SARIBAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

IRNAWATI, IRNAWATI (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 SARIBAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRNAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaiakan soal cerita matematika di kelas V SDN 1 Saribaya tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan penelitian,jenisQuasi Eksperimental Design tipe one group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar 1 Saribaya.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal matematika tertulis bentuk uraian sebanyak 5 butir soal yang telah memenuhi validitas. Uji hopotesis pada penelitian ini menggunakan paired sampel t-test. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung sebesar -12,162 sedangkan ttabel 2,060 pada taraf signifikansi 5% dengan df 25. Sehingga thitung -12,162 > 2,060 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika antara sebelum dan setelah mendapat perlakuan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD Kelas V SDN 1 Saribaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Mar 2021 00:28
Last Modified: 16 Mar 2021 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item