Ekstrak Cair dan Padat Lombok Sargassum aquifolium Merangsang Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.)

Eka Sunarwidhi Prasedya, Eka S. Prasedya and Sonia Adelia Pebriani, Sonia A. Pebriani and Yogi Ambana, Yogi Ambana and Anggit Listyacahyani Sunarwidhi, Anggit LS and Sri Widyastuti, Sri Widyastuti and Aluh Nikmatullah, Aluh Nikmatullah and Sunarpi, Haji Sunarpi Ekstrak Cair dan Padat Lombok Sargassum aquifolium Merangsang Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Ekstrak Cair dan Padat Lombok Sargassum aquifolium Merangsang Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Pemupukan anorganik pada sistem budidaya pertanian menimbulkan beberapa masalah, antara lain biaya produksi meningkat, pendapatan petani menurun, tanah menjadi keras dan tidak subur, serta mencemari lingkungan. Karena itu, perlu ada upaya untuk menemukan sumber bahan baku pupuk yang mudah didapat, murah dn ramah lingkungan. Beberapa peneliti sebelumnya melaporkan bahwa rumput laut mengandung fitohormon dan elemen essensial yang dapat merangsang pertumbuhan dan hasil tanaman. Artikel ini melaporkan pengaruh ekstrak cair dan padat Sargassum aquifolium terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Ekstrak cair dan padat alga tersebut diperoleh dengan metode Godlewska et al., 2016. Ekstrak cair (10%) disemprotkan satu kali seminggu selama pertumbuhan vegetatif. Ekstrak padat (5%) diberikan pada media tanah saat tanam. Ekstrak cair secara signifikan mempengaruhi sebagian besar parameter pertumbuhan (tinggi tanaman, jumlah cabang dan berat kering tunas) dan pertumbuhan generatif (jumlah dan berat buah per tanaman), namun ekstrak cair tersebut tidak secara signifikan mempengaruhi berat kering akar. Fenomena serupa juga ditemukan pada pengaruh ekstrak padat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Hasil penelitian ini memberikan indikasi bahwa ekstrak cair yang dilaporkan mengandung fitohormon, dan ekstrak padat yang mengandung elemen essensial dapat dikembangkan sebagai “biostimulan” dan “biofertlizer” organik yang dapat memacu pertumbuhan dan produksi tanaman.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): ekstrak cair, ekstrak padat, Sargassum quifolium, pertumbuhan, hasil, tanaman mentimun
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Aluh Nikmatullah, M.Agr.Sc.,Ph.D
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:17
Last Modified: 17 Mar 2021 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21419

Actions (login required)

View Item View Item