Biosintesis Etilen Dan Akumulasi Prolin Pada Semanggi Putih (Trifolium repens L.) cv. Kopu Dalam Kondisi Cekaman Air

Aluh Nikmatullah, Aluh Nikmatullah Biosintesis Etilen Dan Akumulasi Prolin Pada Semanggi Putih (Trifolium repens L.) cv. Kopu Dalam Kondisi Cekaman Air. Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Biosintesis Etilen Dan Akumulasi Prolin Pada Semanggi Putih (Trifolium repens L.) Cv. Kopu Dalam Kondisi Cekaman Air.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Semanggi putih merupakan salah satu jenis tanaman legum yang umumnya digunakan sebagai tanaman penutup tanah, pupuk hijau dan makanan ternak di daerah lahan kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan biosintesis etilen dan akumulasi prolin pada semanggi putih cv. Kopu. Percobaan dilakukan di laboratrium dengan lingkungan terkendali (climate-controlled Laboratory). Parameter yang diamati meliputi pertumbuhan, akumulasi prolin, ekspresi gen dan akumulasi protein TR�ACO. Hasil penlitian menunjukkan laju pertambahan petiol pada daun pertama Kopu menurun saat kadar air tanah turun di bawah 17%, sedangkan konsentrasi prolin meningkat drastis saat laju pertumbuhan petiol mendekati nol. Menariknya, perubahan ekspresi gen dan akumulasi protein TR-ACO juga terjadi pada saat pertumbuhan petiol terhenti. Hasil tersebut menunjukkan kepekaan tanaman semanggi putih cv. Kopu terhadap cekaman air.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): cekaman air, prolin, ACC oxidase, biosintesis etilen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Aluh Nikmatullah, M.Agr.Sc.,Ph.D
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:18
Last Modified: 17 Mar 2021 04:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21422

Actions (login required)

View Item View Item