Pengaruh Campuran Ekstrak Makroalga Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) dan Ketan (Oryza Sativa L. Forma Glutinosa)

Zurriatun Toyyibah, Zurriatun Toyyibah and Sunarpi, Sunarpi and Rina Kurnianingsih, Rina Kurnianingsih and Aluh Nikmatullah, Aluh Nikmatullah Pengaruh Campuran Ekstrak Makroalga Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) dan Ketan (Oryza Sativa L. Forma Glutinosa). Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Campuran Ekstrak Makroalga Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Padi.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Makroalga dapat dimanfaatkan sebagai sumber alternatif pengganti pupuk pertanian sintesis karena dilaporkan bahwa makroalga mengandung unsur-unsur hara makro dan mikro serta hormon pertumbuhan yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Penggunaan ekstrak dari beberapa makroalga merah Nusa Tenggara Barat (NTB) secara tunggal dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan beberapa tanaman pangan dan hortikultura, namun perangsangan tersebut bersifat selektif tergantung jenis makro alga, jenis tanaman dan tahap pertumbuhannya. Karenanya, aplikasinya secara kombinasi diduga dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh campuran ekstrak makroalga terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman padi dan ketan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri atas 11 kombinasi perlakuan campuran ekstrak 5 jenis makro alga NTB yang dibandingkan dengan control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran ekstrak makroalga memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman padi dan ketan. Campuran ekstrak Sargassum cristaefolium dan Turbinaria murayana meningkatkan pertumbuhan (jumlah anakan dan berat basah batang) tanaman padi dan ketan. Sementara itu, campuran ekstrak S. cristaefolium dan S. aquifolium meningkatkani hasil atau produksi (berat 1000 biji gabah kering) tanaman padi dan ketan.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): campuran ekstrak makroalga, pertumbuhan, produksi, padi, ketan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Aluh Nikmatullah, M.Agr.Sc.,Ph.D
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:18
Last Modified: 17 Mar 2021 04:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21423

Actions (login required)

View Item View Item