PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa) PADA PAKAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) YANG TERINFEKSI BAKTERI (Aeromonas hydrophila)

EVA, MARYATI (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa) PADA PAKAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) YANG TERINFEKSI BAKTERI (Aeromonas hydrophila). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVA MARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan yang pengembangannya banyak di minati oleh pembudidaya di Indonesia. Ikan C. gariepinus mempunyai pertumbuhan yang cepat, resisten terhadap penyakit, serta memiliki kemampuan toleransi terhadap parameter yang buruk. Beberapa penyakit ikan lele dumbo yang di sebabkan oleh parasit berupa jamur dan bakteri terutama bakteri A. hydrophila. Salah satu bahan yang digunakan sebagai antibiotik alami yaitu daun ketapang Terminalia cattapa. Zat kimia dalam ekstak daun ketapang yang diduga bersifat antibakteri adalah tanin dan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun ketapang Terminalia cattapa pada pakan ikan lele dumbo Clarias gariepinus terhadap kelangsungan hidup ikan dan gejala klinis yang ditimbulkan oleh bakteri A. hydrophila. Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 unit kontrol positif, 3 unit kontrol negatif, dan 4 perlakuan yaitu : Kontrol positif (Ikan diinfeksi A. Hydrophila dan diberi pakan komersil tanpa penambahan ekstrak daun ketapang), Kontrol negatif (Ikan tidak diinfeksi A. Hydrophila dan diberi pakan komersil tanpa penambahan ekstrak daun ketapang), Perlakuan 1(Pemberian ekstrak daun ketapang 1,4%), Perlakuan 2 (Pemberian ekstrak daun ketapang 2,4%), Perlakuan 3 (Pemberian ekstrak daun ketapang 3,6%), dan Perlakuan 4 (Pemberian ekstrak daun ketapang 4,8%). Dari penelitian yang dilakukan, maka pemberian ekstrak daun ketapang pada pakan ikan lele dumbo pada perlakuan 2 dengan dosis 2,4% merupakan ekstrak yang dapat menyembuhkan ikan yang terinfeksi bakteri A. Hydrophila.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : ikan lele, A. hydrophila, ekstrak daun ketapang, tingkat kelangsungan hidup, RPS.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:18
Last Modified: 18 Mar 2021 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item View Item