PENGARUH LEVEL PENAMBAHAN TEPUNG DAUN TURI (Sesbania grandiflora L.) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN NILAI ORGANOLEPTIK BAKSO SAPI

AVILLIA, NISFUL RAMDHANY EKA HERAWATI (2020) PENGARUH LEVEL PENAMBAHAN TEPUNG DAUN TURI (Sesbania grandiflora L.) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN NILAI ORGANOLEPTIK BAKSO SAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - AVILLIA NISFUL R. E. H (B1D 016 034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun turi terhadap kadar protein, kadar air dan nilai organoleptik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) dan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bakso daging sapi. Variabel yang diamati terdiri dari kadar protein, kadar air, dan uji organoleptik. Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan penambahan tepung daun turi (P0 : 0%, P1 : 3%, P2 : 6%, P3 : 9%) dan diulang sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung daun turi dengan konsentrasi berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar protein, kadar air, dan uji organoleptik. Kadar protein tertinggi pada P3 15,21% dan kadar protein terendah pada P0 13,82%. Kadar air memiliki nilai tertinggi pada P3 68,12% dan kadar air terendah pada P1 66,19%. Sedangkan produk terbaik dari hasil uji organoleptik adalah bakso sapi dengan tanpa penambahan tepung daun turi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : bakso, tepung daun turi, kadar air, kadar protein, uji organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:18
Last Modified: 18 Mar 2021 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item