STRATEGI LINGUISTIK DALAM MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X DI KOTA MATARAM

ISNA, DIA’UL ADHA (2021) STRATEGI LINGUISTIK DALAM MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isna Dia'ul Adha BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada tuntutan agar guru memahami standar kompetensi lulusan yang hendak dicapai dengan pemberian materi pembelajaran, memahami cara- cara materi itu dibelajarkan (standar proses pembelajaran), dan memahami bagaimana capaian pembelajaran itu dievaluasi (standar proses penilaian). Untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu dapat disiasati para guru, sehingga kedua tujuan akhir pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dapat dicapai, maka perlu dilakukan kajian penerapan kurikulum Bahasa Indonesia berbasis teks. Mengingat cakupan kajian penerapan Kurikulum 2013 telah berjalan cukup lama, kajian ini difokuskan sejauh mana penggunaan siswa dalam memanfaatkan strategi linguistik, terutama dalam memproduksi teks, telah dikuasai siswa. Dengan mengambil sampel pada enam sekolah jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK, dan MA) di kota Mataram dan jumlah responden 113 siswa telah berhasil dikumpulkan data berupa teks anekdot (genre sastra) hasil produksi siswa. Data yang dikumpulkan dengan metode simak dan cakap tak semuka, melalui kegiatan pembelajaran daring dan luring atau kombinasi di antaranya, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan pada analisis kualitatif adalah metode padan intralingual dan ekstralingual dengan teknik hubung banding menyamakan dan hubung banding membedakan. Adapun untuk analisis kuantitatif dilakukan dengan penskoran atas variabel kualitatif dengan memberi bobot yang berbeda antar variabel sesuai tingkat kesulitan. Melalui pengalian bobot setiap variabel dengan nilai tertinggi 10 dan menentukan skor rerata dari keseluruhan variabel diperoleh skor akhir yang menggambarkan derajat kemampuan responden sesuai kategori yang ditentukan. Hasil penelitian ini secara kualitatif menggambarkan kemampuan memproduksi teks anekdot dilalui dengan memanfaatkan piranti kebahasaan penghubung intrakalimat, penggabungan kalimat menjadi paragraf; dan akhirnya menyajikan hasil analisis dengan menggabungkan paragraf pengisi struktur teks untuk membentuk teks anekdot kurang mampu diproduksi siswa. Secara kuantitatif, capaian skor kualitas teks anekdot yang diproduksi, yaitu berada pada tingkat kurang mampu dengan skor: 41. Hal itu disebabkan kemampuan daya ungkap kebahasaan yang rendah dimiliki responden. Tampaknya, dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks penekanan pada pembelajaran kosa kata dan penggunaan kata-kata gramatikal sepertikonjungsiperlumendapatperhatian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi Linguistik, Piranti Kebahasaan, Teks Anekdot.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:18
Last Modified: 18 Mar 2021 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item