KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DITINJAU DARI ASPEK STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DI KOTA MATARAM

NUR, IDA ROSMAYANTI (2021) KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DITINJAU DARI ASPEK STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS NUR IDA ROSMAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini merupakan laporan penelitian tentang kemampuan memproduksi teks eksposisi ditinjau dari aspek struktur dan kebahasaan pada siswa sekolah menengah di Kota Mataram. Penelitian ini dilatar belakangi oleh muncul beberapa permasalahan pembelajaran terkait dengan pengalaman belajar siswa dalam memproduksi teks. Persoalan-persoalan tersebut tentu berdampak signifikan pada hasil dan pengalaman belajar siswa dan kinerja guru. Persoalan pertama muncul terkait dengan rendahnya minat baca siswa. Hal Ini tentu mempengaruhi tingkat penguasaan kosakata dan pemahaman mengenai aspek kebahasaan yang terkait dengan kebahasaan teks yang diproduksi siswa. Kedua kurangnya minat siswa pada keterampilan menulis yang menyebabkan kejenuhan siswa dalam membedah teks. Persoalan ketiga terkait dengan memproduksi teks yang dilatar belakangi oleh guru, yang belum sepenuhnya mampu menguasai materi pembelajaran dan belum mengajar dengan metode yang dituntut dalam Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggabungan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode dan penyediaan data menggunakan metode simak dan metode cakap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan untuk memperkuat deskripsi terhadap data penelitian. Pada kemampuan kualitatif siswa dalam kegiatan memproduksi teks eksposisi aspek struktur teks dalam penelitian ini dikategorikan telah mampu dilalui secara sistematis Meskipun terdapat kelemahan siswa pada koherensi judul dengan isi struktur teks. pada aspek kebahasaan digambarkan siswa belum mampu memanfaatkan aspek kebahasaan teks eksposisi secara utuh. Kondisi tersebut tergambar pada kemampuan siswa rata-rata tidak memilih dan memanfaatkan aspek kebahasaan secara maksimal. Hal tersebut terlihat pada data yang dihasilkan. Seperti pemanfaatan repetisi dalam wujud repetisi bentuk secara utuh repetisi semantik berupa sinonim, antonimi, hiponimi, dan anafora tidak dimanfaatkan. Seharusnya aspek kebahasaan ini tidak hanya untuk menghubungkan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain, tetapi juga digunakan untuk menghubungkan antarparagraf pengisi struktur berpikir teks. Rentang skor perolehan siswa hanya mencapai 55,58 terkait dengan aspek kebahasaan. Ini menggambarkan bahwa kemampuan memproduksi teks eksposisi siswa ditinjau dari aspek kebahasaan tek eksposisi masih rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Teks, eksposisi,metode, struktur,kebahasaa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:19
Last Modified: 18 Mar 2021 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21437

Actions (login required)

View Item View Item