DINAMIKA BUDAYA NGAYU AYU (Studi Sosiologi Budaya tentang Perubahan Budaya Ngayu Ayu di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur)

Ardian, Syaputra (2020) DINAMIKA BUDAYA NGAYU AYU (Studi Sosiologi Budaya tentang Perubahan Budaya Ngayu Ayu di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ardian Syaputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan budaya ngayu ayu di Desa Sembalun Bumbung dan dinamika yang terjadi pada budaya ngayu ayu. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dan teori konstruksi sosial Peter L. Berger. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa kebudayaan ngayu ayu tetap dilaksanakan oleh masyarakat Sembalun Bumbung sebagai bentuk pelestarian kebudayaan yang dimiliki masyarakat Sembalun Bumbung. Budaya ngayu ayu dilaksanakan tiga tahun sekali oleh masyarakat Sembalun Bumbung, dalam pelaksanaan budaya ngayu ayu terdapat aturan aturan yang wajib dilaksanakan salah satunya menggunakan pakaian adat ketika menghadiri acara budaya ngayu ayu. Dalam budaya ngayu ayu terdapat perubahan kebudayaan yang dikarenakan tujuan masyarakat melaksanakan budaya ngayu ayu di luar sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan, agar budaya ngayu ayu dilaksanakan lebih meriahkan dengan tujuan lain bisa mendatangkan wisatawan dan menjadikan budaya ngayu ayu di kenal lebih luas. Hal ini pada akhirnya menggeser makna dari budaya ngayu ayu. Pergeseran makna yang dulunya dianggap sebagai ritual atas rasa syukur terhadap kebaikan dari Tuhan sekarang menjadi perayaan yang bermakna sebagai daya tarik wisatawan agar datang ke Sembalun Bumbung. Di tengah pergeseran makna yang terjadi, nilai yang terdapat dari budaya ngayu ayu masih ada. Hal ini dikarenakan ritual yang ada, tidak semuanya dihilangkan. Ritual ritual yang sifatnya sakral masih di lakukan dalam budaya ngayu ayu. Budaya ngayu ayu ini juga sebagai wadah untuk bersilaturahmi masyarakat Sembalun Bumbung secara keseluruhan karena dengan melaksanakan budaya ngayu ayu, mereka bengotong royong untuk melaksanakan budaya ngayu ayu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Dinamika, Budaya Ngayu Ayu, Masyarakat Sembalun Bumbung.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:48
Last Modified: 22 Mar 2021 02:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item View Item