KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA MATARAM DALAM PENANGGULANGAN ANAK JALANAN (Studi Normatif Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012)

PUTU ANGGRENI SUYANTHI, NI (2020) KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA MATARAM DALAM PENANGGULANGAN ANAK JALANAN (Studi Normatif Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ni Putu Anggraeni S..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

x Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012 dalam penanggulangan anak jalanan , Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengimplementasikan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012 dan manfaat dari Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial dan Satuan Tugas Sosial (Satgas Sosial), Informan penelitian adalah Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial, Satgas Sosial dan Anak jalanan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Implementasi kebijakan Pemerintah Kota Mataram dalam penanggulangan anak jalanan sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012 yang dilakukan oleh Pejabat Dinas Sosial Kota Mataram, hal ini terlihat dalam program Dinas Sosial Kota Mataram yang telah di selenggarakan berupa usaha usaha yang meliputi : a. usaha preventif, b. usaha represif dan c. usaha rehabilitative, dengan di lengkapi standar operasional pendukung (SOP) serta sarana dan prasarana pendukung terlaksananya Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Penanggulangan Anak Jalanan, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengimplementasikan PeraturanDaerah Kota Mataram dalam penanggulangan anak jalanan yakni faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal berupa pembangunan, sosial, keluarga dan budaya.Faktor pembangunan, sosial, keluarga dan budaya merupakan faktor penghambat terlaksananya kebijakan yang diselenggarakan. Kemudian faktor internal berupa fasilitas, kerjasama dengan berbagai instansi, program dinas sosial. Dalam melaksanakan kebijakan pemerintah fasilitas, kerjasama dengan berbagai instansi, program dinas sosial merupakan faktor pendukung terlaksananya kebijakan pemerintah dalam penanggulangan anak jalanan, 3) Manfaat dari Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2012 bagi Dinas Sosial dan Anak Jalanan. Manfaat kebijakan bagi dinas sosial yaitu memperkuat system atau manajemen tugas dalam menyelenggarakan kebijakan pemerintah, membantu kegiatan menjadi terarah dan terornanisir, tertanganinya masalah anak jalanan di Kota Mataram sesuai dengan kebutuhannya, serta meningkatkan koordinasi antar perangkat kerja. Manfaat kebijakan bagi anak jalanan yaitu anak jalanan dapat tertangani, anak jalanan terpenuhi hak-hak dasarnya, seperti hak hidup, hak tumbuh kembang, hak bebas untuk menyampaikan pendapat, dan hak perlindungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kebijakan, Penanggulangan, Anak jalanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:48
Last Modified: 22 Mar 2021 02:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item View Item