PENGARUH PENAMBAHAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) PADA SOSIS AYAM TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN NILAI ORGANOLEPTIK

HAIRATUN, FAUZIAH (2021) PENGARUH PENAMBAHAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) PADA SOSIS AYAM TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN NILAI ORGANOLEPTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAIRATUN FAUZIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun kelor terhadap kadar protein , kadar air dan nilai organoleptik pada sosis daging ayam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) dan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah sosis daging ayam. Variable yang diamati terdiri dari kadar protein, kadar air, dan nilai organoleptik. Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan penambahan tepung daun kelor yaitu (P0; 0%, P1; 7%, P2; 11%, P3;13%) dan dilakukannya 3 kali pengulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SAS ( Statistical Analysis System), adanya perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji beda nyata terkait (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P1, P2 dan P3 penambahan tepung daun kelor dengan konsentrasi tidak berbeda nyata (P>0,05), sedangkan P3 berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar protein. Hasil penelitian kadar air P1 tidak berbeda nyata (P>0,05) sedangkan, P0, P2, dan P3 (P<0,05) berpengaruh nyata terhadap kadar air pada sosis daging ayam. Sedangkan produk terbaik dari hasil uji organoleptik adalah sosis ayam tanpa penambahan tepung daun kelor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Daun kelor, Sosis Ayam, Uji Kadar Protein, Uji Kadar Air dan Uji Organoleptik sosis.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:49
Last Modified: 22 Mar 2021 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item View Item