EKSISTENSI TRADISI NGEJOT MASYARAKAT SASAK (Studi Masyarakat Desa Lenek Pesiraman, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur)

DIAN, EKA SAPUTRI (2020) EKSISTENSI TRADISI NGEJOT MASYARAKAT SASAK (Studi Masyarakat Desa Lenek Pesiraman, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dian Eka Saputri (Sosiologi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami eksistensi dan makna dari tradisi ngejot masyarakat Lenek Pesiraman. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dan teori interaksionisme simbolik Herbert Blumer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi ngejot masih tetap ada dan terjaga sampai saat ini. Hal ini berawal dari adanya kesadaran dan kepedulian dari pemuda dan tokoh-tokoh desa untuk menggagas diadakannya festival ngejot. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi tradisi ngejot agar generasi muda tidak melupakan tradisi lokal seiring perkembangan zaman. Selain itu, untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa ada tradisi yang masih berlangsung sampai sekarang di Desa Lenek Pesiraman yaitu tradisi ngejot. Tradisi ngejot dimaknai oleh masyarakat Lenek Pesiraman sebagai media untuk menyambung silaturrahmi dengan orang tua maupun keluarga yang lainnya, momentum untuk meminta maaf kepada orang tua menjelang lebaran, berbagi dengan sesama. Selain dari makna tersebut, adanya nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi ngejot yaitu nilai ekonomi, nilai religious dan nilai sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Eksistensi, Tradisi Ngejot dan Masyarakat Sasak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:49
Last Modified: 22 Mar 2021 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item