MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MILA, ARYANINGSIH (2021) MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRPSI MILA ARYANINGSIH-E1S016045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyajian materi ajar pada masa pandemi Covid-19 dilihat dari berbagai variabel (jenis kelamin, usia, letak sekolah, dan status sekolah) di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survei. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Sekolah Menengah Atas yang berjumlah 14.566 dengan sampel minimal 427 berdasarkan formulasi slovin. Data penyajian materi ajar menggunakan kuesioner dengan bantuan google form yang sudah memenuhi persyaratan penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif, menggunakan comparative analysis yaitu statistika non parametrik karena tidak memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian materi ajar cenderung kontekstual terlihat pada dimensi fakta bahwa guru selalu menyajikan materi ajar sesuai dengan kondisi pandemi, begitu juga pada dimensi konsep, prinsip, prosedur dan dari berbagai variabel (jenis kelamin, usia, letak sekolah, dan status sekolah) terdapat perbedaan persepsi penyajian materi ajar di Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penyajian Materi Ajar, Kontekstual, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:49
Last Modified: 22 Mar 2021 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21479

Actions (login required)

View Item View Item