PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH GADAI EMAS DALAM HAL TERJADINYA PENURUNAN HARGA EMAS (Studi di PT. Pegadain Cabang Kota Bima)

MUDASIR, AL (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH GADAI EMAS DALAM HAL TERJADINYA PENURUNAN HARGA EMAS (Studi di PT. Pegadain Cabang Kota Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AL MUDASIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata akibat dari menurunya harga emas terhadap nasabah dan untuk mengetahui penyelesaian hukum terhadap nasabah gadai emas dalam hal tejadinya penurunan harga emas.Jenis penelitian adalah normatif empiris dengan pedekatan perundang-undangan, konseptual, dan sosiologis.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan kepala cabang dan nasabah PT Pegadaian Cabang Kota Bima. Berdasarkan hasil penelitian, Perlindungan hukum terhadap nasabah gadai emas sebagai konsumen tercantum dalam KUHPerdata pada Pasal 1155 yang menyatakan bahwa barang digadai akan dilelang dengan peraturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan kerugian terhadap nasabah. Sedangkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Perlindungan Konsumen menyebutkan, perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen dan PT Pegadaian Cabang Bima dalam penyelesaiaan pembiayaan bermasalah adalah dengan cara memberikan peringatan, memberitahukan kepada nasabah tentang emas gadai telah jatuh tempo, jika tidak ada respon maka pihak pegadaian akan memberikan surat peringatan dan jika tidak ada respon juga maka emas akan dilelang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Perlindunganhukum, gadai emas,penurunan harga emas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:58
Last Modified: 25 Mar 2021 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item