KORELASI KEBERADAAN PEER EDUCATOR PADA POSYANDU REMAJA DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DI DESA JAGARAGA INDAH KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

PUTRI, DWI SETIYANA MULIADI (2021) KORELASI KEBERADAAN PEER EDUCATOR PADA POSYANDU REMAJA DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DI DESA JAGARAGA INDAH KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Putri Dwi Setiyana Muliadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keberadaam peer educator pada posyandu remaja dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi di Desa Jagaraga Indah Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif Eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi linier sederhana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan diri dikemukakan oleh George Herbert Mead tentang tahap pengembangan diri yaitu persiapan, meniru, bertindak, dan penerimaan norma kolektif. Hasil uji determinasi Rsquare menunjukan bahwa dengan menggunakan model regresi, keberadaan peer educator pada posyandu remaja memiliki pengaruh terhadap sikap remaja tentang kesehatan reproduksi sebesar 53,9%. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi antara keberadaan peer educator pada posyandu remaja dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi di Desa Jagaraga Indah Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Remaja Desa Jagaraga Indah mampu memanfaatkan keberadaan peer educator pada posyandu remaja dengan baik dan tepat serta dapat mencerminkan sikap tentang kesehatan reproduksi dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : peer educator, posyandu remaja, sikap, kesehatan reproduksi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:59
Last Modified: 25 Mar 2021 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21524

Actions (login required)

View Item View Item