INCREASING VOCABULARY MASTERY BY USING SONG-RELATED READING TEXTS TO CHILDREN AGED SIX TO TWELVE: A STUDY AT HOME ENGLISH PRIVATE CLASSES. BATU RAJA VILLAGE MATARAM WEST NUSA TENGGARA

WAHYUDI, WAHYUDI (2021) INCREASING VOCABULARY MASTERY BY USING SONG-RELATED READING TEXTS TO CHILDREN AGED SIX TO TWELVE: A STUDY AT HOME ENGLISH PRIVATE CLASSES. BATU RAJA VILLAGE MATARAM WEST NUSA TENGGARA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Thesis_Wahyudi_I2J014043_Pasca Inggris_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji cara yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak usia enam hingga dua belas tahun di Desa Batu Raja Mataram Nusa Tenggara Barat. Mereka adalah anak-anak yang berada berada di kelas 1 sampai 5 dari sekolah dasar yang berbeda yang berpartisipasi dalam Kelas Rumah Bahasa Inggris swasta. Penelitian dilakukan dengan prosedur sebagai berikut: (a) salam guru-siswa (b) kegiatan brainstorming, (c) siswa mendengarkan lagu, (d) guru dan siswa menyanyikan lagu, (e) membaca lagu terkait teks, (f) siswa berinteraksi dengan teks melalui kegiatan tanya jawab. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan anak dalam memahami makna kata mencapai tandar kompetensi minimal yang dipersyaratkan dan mereka dapat menulis, mengeja, dan menggunakan kata-kata tersebut dalam bentuk lisan. Selain itu, anak-anak dimotivasi untuk belajar bahasa Inggris dengan menyanyikan lagu-lagu dan menghafal setiap kata yang telah dipelajari (dari sepuluh kata sebagian besar anak hafal delapan sampai sembilan kata). Hasil ini menunjukkan peran memfasilitasi lagu untuk menguasai kata-kata bahasa Inggris. Selain itu, anak-anak menikmati setiap kata yang telah mereka pelajari dengan menyanyikannya di setiap tempat dan momen yang mereka miliki. Nilai memberikan teks bacaan kepada anak-anak dapat membuktikan bahwa cara ini adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan pelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan menyenangkan kepada pelajar bahasa Inggris pemula.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kosakata, inovasi, pengajaran, lagu, membaca, standar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:59
Last Modified: 25 Mar 2021 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item