KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JANAPRIA DALAM MENGONTRUKSI TEKS BERITA

Nani, Nurandini (2020) KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JANAPRIA DALAM MENGONTRUKSI TEKS BERITA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nani Nurandini (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Janapria dalam mengontruksi teks. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah struktur teks berita, kaidah kebahasaan, dan karakteristik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan metode tes (hasil mengontruksi teks berita). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Janapria termasuk dalam kategori cukup mampu. Adapun rincian dari pemerolehan nilai sebagai berikut: pertama pada aspek struktur teks berita terdapat 10 siswa yang mendapatkan skor sangat baik, dan 5 siswa yang mendapatkan skor baik. Sedangkan pada aspek kaidah kebahasaan terdapat 2 siswa yang mendapatkan skor sangat baik, lalu 7 siswa mendapatkan skor baik, dan 6 siswa meraih skor cukup. Adapun pada aspek karakteristik teks berita, terdapat 12 siswa mendapatkan skor sangat baik, dan 3 siswa mendapatkan skor baik. Sehingga perolehan nilai rata-rata yang diraih siswa adalah 68,8. Skor tersebut berada pada rentang angka 66-78. Sedangkan yang mendapatkan skor tertinggi hanya diraih oleh satu siswa yakni Evi Febrianti dari 15 siswa dengan nilai akhir 75. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori cukup mampu. Sehingga nilai tertinggi yaitu 75 dan nilai terendah yaitu 37,5.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemampuan Mengontruksi Teks Berita, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan, dan Karakteristik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Mar 2021 07:16
Last Modified: 25 Mar 2021 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item