POLA INTERAKSI MASYARAKAT PENDATANG DAN MASYARAKAT LOKAL (Studi di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara)

Indrawan, Nur Fuadi (2021) POLA INTERAKSI MASYARAKAT PENDATANG DAN MASYARAKAT LOKAL (Studi di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)

Abstract

Fokus permasalahan yang dikaji pada penelitian ini ialah interaksi sosial masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Desa Santong. Subfokus pada penelitian ini ialah pola interaksi sosial masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Desa Santong dan faktor apa saja yang mempengaruhi pola interaksi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengidentifikasi pola interaksi masyarakat pendatang dan masyarakat lokal dan faktor yang mempengaruhi pola interaksi masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Desa Santong. Penelitian ini menggunakan teori Pola Interaksi Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara terbuka dan mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Desa Santong bersifat harmonis. Pola interaksi yang bersifat harmonis ini ditinjau berdasarkan adanya kerjasama dan persaingan antara masyarakat pendatang dan masyarakat lokal. Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam bidang ekonomi (perkebunan, pertanian dan perternakan), kegiatan keagamaan, dan pengelolaan struktur organisasi desa. Persaingan dipengaruhi oleh beberapa indikator yakni dalam hal dominasi lahan perkebunan, pertanian, intensitas jual beli dan dalam bidang perekonomian lainnya. Persaingan tersebut menandakan adanya kemajuan berpikir bagi masyarakat Desa Santong, bersifat positif dan membangun serta dapat memberikan kontribusi yang baik dalam menjalin interaksi sosial yang harmonis. Faktor yang mempengaruhi pola interaksi masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Desa Santong yakni adanya keterbukaan, kerjasama, kepentingan yang sama, perbedaan bahasa, perbedaan latar belakang dan perbedaan kultur/adat istiadat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : pola interaksi sosial, masyarakat pendatang dan masyarakat lokal
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:17
Last Modified: 29 Mar 2021 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item View Item