UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENANGKAPAN IKAN SECARA TIDAK SAH OLEH DIT POLAIR POLDA NTB (STUDI DI MAKO DIT POLAIR POLDA NTB)

NIRWAN, ADE PRATAMA (2021) UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENANGKAPAN IKAN SECARA TIDAK SAH OLEH DIT POLAIR POLDA NTB (STUDI DI MAKO DIT POLAIR POLDA NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIRWAN ADE PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Upaya Kepolisian Perairan Polda Nusa Tenggara Barat dalam Mencegah Penangkapan Ikan Laut yang Tidak Layak dan Tidak Dibenarkan oleh Hukum (Penangkapan Ikan Secara Illegal).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh Satuan Kepolisian Perairan Polda Nusa Tenggara Barat dalam upaya pencegahan Tindak pidana Penangkapan ikan Secara tidak Sah di Kabupaten Nusa Tenggara Barat.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview) dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Upaya penanggulangan Tindak pidana Penangkapan ikan Secara tidak Sah yang dilakukan Satuan Kepolisian Perairan Polda Nusa Tenggara Barat meliputi : upaya pre-emtif (mengadakan penyuluhan hukum),Upaya Preventif (mengadakan patroli secara rutin, bekerjasama dengan instansi lain yang terkait) dan upaya represif berupa melakukan penangkapan dan pemeriksaan serta menegakkan hukum secara tegas dalam penerapan sanksi terhadap pelaku tindak pidana Tindak pidana Penangkapan ikan Secara tidak Sah. Kendala yang signifikan dihadapi Kepolisian Perairan Polda NTB dalam melakukan upaya penanggulangan Penangkapan Ikan Secara Tidak Sah yaitu Kendala dalam upaya refresif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kepolisian, Penangkapan Ikan Secara Tidak Sah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:24
Last Modified: 05 Apr 2021 00:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item