STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN PASAR JAGUNG DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Chintia Dewi, Anak Agung Ayu (2018) STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN PASAR JAGUNG DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANAK AGUNG AYU CHINTIA DEWI_C1G014017_AGRIBISNIS PAGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui struktur tingkah laku dan penampilan pasar jagung di Kabupaten Lombok barat, 2) mengetahui hambatan-hambatan atau permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran jagung di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil peneitian menunjukkan: 1) struktur pasar jagung berada pada pasar persaingan tidak sempurna oligopsoni konsentrasi rendah. Struktur pasar tersebut diketahui karena pada tingkat pedagang pengumpul kabupaten nilai konsentrasi rasio sebesar 40,92%, pada tingkat pedagang besar nilai konsentrasi rasio sebesar 6,11%, pada tingkat pedagang antar pulau nilai konsentrasi rasio sebesar 78,07%. Analisis Indeks Herfindahl menunjukkan struktur pasar jagung mengarah pada pasar oligopsoni. Hal lain yang dilihat mencirikan pasar oligopsoni adalah terdapat differensiasi produk dan hambatan keluar masuk pasar serta komposisi antara jumlah pembeli dengan jumlah penjual yang tidak seimbang.. 2) Tingkah laku pasar: petani berlaku sebagai penerima harga (price taker). Petani memilih menjual jagungnya dengan sistem tebasan dikarenakan kebutuhan mendesak dan keterbatasan modal, selain itu terdapat kerjasama antar pedagang dalam memasarkan jagung. 3) pemasaran jagung di Kabupaten Lombok Barat dapat dikatakan belum efisien, karena distribusi margin belum merata dan share harga yang diterima petani tidak terlalu tinggi rata-rata sebesar 45,77%. Selain itu, dari 5 (lima) saluran pemasaran jagung hanya 2 (dua) saluran yang memiliki distribusi keuntungan sama dengan satu dan antar saluran pemasaran memiliki volume penjualan yang tidak merata. 4) Hambatan dalam pemasaran yang dihadapi sebagian besar petani jagung adalah hambatan harga sedangkan sebagian besar hambatan dalam pemasaran yang dihadapi pedagang jagung adalah hambatan iklim

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Pasar jagung, struktur pasar, tingkah laku pasar, penampilan pasar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:29
Last Modified: 09 Apr 2018 03:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item