PENGEMBANGAN PERMAINAN LEMPAR GELANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN DESA GUBUK TENGAK KELURAHAN KELAYU UTARA TAHUN 2020)

NADEA, ANNISA MARTIA WIJAYA (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN LEMPAR GELANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN DESA GUBUK TENGAK KELURAHAN KELAYU UTARA TAHUN 2020). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan permainan lempar gelang yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Langkah permainan lempar gelang yaitu: (1) Anak berbaris sesuai dengan kelompoknya. (2) Anak pada baris pertama berhak untuk memulai permainan terlebih dahulu, anak berlari sampai garis yang sudah ditentukan. (3) Anak berhenti pada garis tersebut untuk mengambil gelang sebanyak 5 buah gelang, sisa gelang dipegang menggunakan tangan kiri dan tangan kanan untuk melempar gelang. (4) Anak kemudian melempar gelang pada tongkat sasaran, begitu juga dengan anak dengan barisan kedua dan seterusnya samapai waktu permainan habis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pengembangan pertama memperoleh 4 indikator untuk indikator yang sudah berkembang sesuai harapan, 3 indikator yang mulai berkembang, dan 8 indikator yang belum berkembang. Pada pengembangan kedua setiap indikator yang berkembang sesuai harapan mengalami peningkatan yakni meningkat menjadi 13 indikator dan 3 anak sudah mulai berkembang. Kesimpulan hasil penelitian adalah apabila langkah-langkah permainan lempar gelang dijelaskan dan dilaksanakan dengan benar maka dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Desa Gubuk Tengak Kelurahan Kelayu Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Permainan Lempar Gelang, Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:36
Last Modified: 12 Apr 2021 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21623

Actions (login required)

View Item View Item