ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SD Negeri 1 Taman Ayu)

TITIN, NUR ADIANTI (2021) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SD Negeri 1 Taman Ayu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TITIN NUR ADIANTI E1E016146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada kurikulum 2013 di SDN 1 Taman Ayu Kecamatan Gerung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru diantaranya; 1) kesulitan guru dalam memilih media yang akan digunakan. 2) Kesulitan guru dalam menggunakan media pembelajaran 3) Kesulitan guru dalam melakukan evaluasi penggunaan media pembelajaran. Cara guru mengatasi kendala tersebut yaitu melakukan kegiatan refleksi untuk mengembalikan konsentrasi belajar siswa, menggunakan buku siswa, memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang memiliki kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, melakukan evaluasi media dilain waktu. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 1 Taman Ayu Kecamatan Gerung mengalami problematika dalam menggunakan media pembelajaran pada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : Problematika Guru Dalam Menggunakan Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:29
Last Modified: 12 Apr 2021 04:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item