STUDI KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA ETNOSAINS BAU NYALE

SRI, PARTUTI RAHMAYANTI (2020) STUDI KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA ETNOSAINS BAU NYALE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - SRI PARTUTI RAHMAYANTI (E1M016068).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan kimia pada etnosains bau nyale di Universitas Mataram. Aspek literasi sains yang diukur dalam hal ini adalah konten (pengetahuan) ; epistemic, konten dan prosedural, konteks dan kompetensi (proses) ; menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Jenis penelitian bersifat deksriptif ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 86 mahasiswa dengan jumlah sampel 71 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling.Pengumpulan data menggunakan instrument soal tes literasi sains berbasis etnosains bau nyale. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa pada aspek konten termasuk kategori cukup yaitu 62%, aspek kompetensi 57% yaitu kurang dan aspek konteks 65% yaitu cukup. Rata-rata kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan kimia dalam ketiga aspek tersebut termasuk dalam kategori cukup yaitu 63,47%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan kimia masih memahami teori kimia sebatas hafalan, sehingga belum menggunakan pengetahuan kimianya secara utuh dalam memberikan solusi ilmiah atas masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : kemampuan literasi sains, bau nyale, mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Apr 2021 00:33
Last Modified: 15 Apr 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21639

Actions (login required)

View Item View Item