STUDI PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020

NURBAETI, IRMAYANI (2020) STUDI PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURBAETI IRMAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Narmada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian Quasi eksperimental Design dengan Posttest Only Control Group Design. Kelas sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dengan model Jigsaw dan VIII 2 sebagai kelas eksperimen dengan model Snowball Throwing. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan posttest pada subjek penelitian. Analisis data tes menggunakan uji independent sanple t-test pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh yaitu yang berarti bahwa terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Narmada tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Uji Binomial Test sehingga diperoleh persentase ketuntasan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model Jigsaw adalah 94,74% dan persentase ketuntasan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model Snowball Throwing adalah 89,47% .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran snowball throwing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Apr 2021 00:33
Last Modified: 15 Apr 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21640

Actions (login required)

View Item View Item