PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN PUSAT KENDALI DIRI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI PERILAKU BERORGANISASI PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN PUSAT KENDALI DIRI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI PERILAKU BERORGANISASI PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN PUSAT KENDALI DIRI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI PERILAKU BERORGANISASI

Khairul, Akbar (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN PUSAT KENDALI DIRI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI PERILAKU BERORGANISASI PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN PUSAT KENDALI DIRI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI PERILAKU BERORGANISASI PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN PUSAT KENDALI DIRI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI PERILAKU BERORGANISASI. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Full Tesis_Khairul Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung Kepemimpinan Melayani (X1) dan Pusat Kendali Diri (X2) terhadap Kinerja Guru (Z) melalui Perilaku Berorganisasi (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post-facto yang dilaksanakan di 10 SMP Negeri di Kecamatan Praya Barat dan Praya Barat Daya. Populasi penelitian adalah 95 orang guru PNS dengan sampel 76 orang guru yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data untuk variabel X1, X2, dan Y, menggunakan angket, sedangkan variabel Z menggunakan data sekunder berupa dokumen Penilaian Kinerja Guru. Data dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan pengaruh langsung sebesar 22,5%; 2) pusat kendali diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan pengaruh langsung sebesar 27,1%; 3) kepemimpinan melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui perilaku berorganisasi dengan pengaruh tidak langsung sebesar 9,4%; dan 4) pusat kendali diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui perilaku berorganisasi dengan pengaruh tidak langsung sebesar 9,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kepemimpinan Melayani; Pusat Kendali Diri; Perilaku Berorganisasi; Kinerja Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Apr 2021 00:39
Last Modified: 19 Apr 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item View Item