PENGARUH PEMBERIAN Spirulina sp. DENGAN DOSIS BERBEDA PADA Artemia sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP ANAKAN IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer)

ILAN, RIZKI HIDAYAT (2021) PENGARUH PEMBERIAN Spirulina sp. DENGAN DOSIS BERBEDA PADA Artemia sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP ANAKAN IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ILAN RIZKI HIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Kakap Putih (Lates calcarifer) atau lebih dikenal dengan nama seabass/ baramundi merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kelangsungan hidup anakan ikan kakap putih perlu dilakukan pengkayaan pakan alami berupa penambahan tepung Spirulina sp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan kelangsungan hidup anakan ikan kakap putih yang diberi pakan Artemia sp. diperkaya tepung Spirulina sp. dengan dosis berbeda. serta untuk mengetahui dosis paling tepat sebagai bahan pengakayaan pada Artemia sp. sehingga memberikan pengaruh yang terbaik untuk pertumbuhan dan tingkat kelulushidupan anakan ikan kakap putih. Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari pada tanggal 10 Januari sampai 08 Februari 2020, bertempat di Balai Pengembangan Budidaya Perikanan Pantai Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Perlakuan ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kali ulangan, yaitu Perlakuan : P1= Kontrol (Artemia tanpa campuran), P2= Artemia + 0,2 gram bubuk spirulina/liter, P3= Artemia + 0,4 gram bubuk spirulina/liter, P4= Artemia + 0,6 gram bubuk spirulina/liter. Penambahan tepung Spirulina sp. pada Artemia tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan berat mutlak dan tingkat kelangsungan hidup, namun memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan panjang mutlak anakan ikan kakap putih. Penambahan tepung Spirulina sp. pada Artemia dengan dosis 0,4 gram (Perlakuan 3) memberikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup ikan dibandingkan dengan perlakuan yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengkayaan Artemia sp. menggunakan tepung Spirulina sp.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Apr 2021 00:39
Last Modified: 19 Apr 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item