PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN KOMERSIL DAN TEPUNG SERASAH DAUN MANGROVE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN CACING LAUT (Nereis sp.)

Abdurrahman, Abdurrahman (2021) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN KOMERSIL DAN TEPUNG SERASAH DAUN MANGROVE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN CACING LAUT (Nereis sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 18 September sampai dengan 23 Oktober 2020 bertempat di Desa Rhee Loka, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian kombinasi pakan komersil dan tepung serasah daun mangrove yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan cacing laut (Nereis sp.). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga ulangan yaitu, Perlakuan A : tepung serasah daun mangrove 100%, B : pakan komersil 25%, tepung serasah daun mangrove 75%, C : pakan komersil 50%, tepung serasah daun mangrove 50%, D : pakan komersil 75%, tepung serasah daun mangrove 25%, E : pakan komersil 100%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan kombinasi pakan komersial dengan tepung serasah daun mangrove dapat mempengaruhi pertumbuhan, efisiensi pakan, dan konversi pakan Nereis sp. tetapi tidak mempengaruhi kelangsungan hidup Nereis sp. Pemberian pakan komersil 75% dan tepung serasah daun mangrove 25% (Perlakuan D) dan pemberian pakan komersial 100% (Perlakuan E) memberikan pengaruh yang sama baiknya dalam meningkatkan pertumbuhan Nereis sp., yaitu berturut-turut 0,58 g dan 0,53 g.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : cacing laut, kombinasi pakan, pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Apr 2021 00:39
Last Modified: 19 Apr 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item