EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 SELONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Ermawati, Ermawati (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 SELONG TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ERMAWATI (E1R016028) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan google classroom selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika peminatan materi persamaan trigonometri kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Selong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA yang diajar menggunakan google classroom. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yakni kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 berukuran 70 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah pemberian post-test dan penyebaran angket setelah siswa diberi perlakuan. Indikator penelitian yaitu pembelajaran daring menggunakan google classroom dikatakan efektif jika hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan belajar klasikal ≥85% dan respon siswa positif terhadap pembelajaran daring menggunakan google classroom. Berdasarkan hasil statistik deskriptif, jika dilihat dari ketuntasan klasikalnya diperoleh 60 siswa dikatakan tuntas belajarnya atau sebesar 85,71%, 10 siswa yang tidak tuntas belajarnya atau sebesar 14,29% dan dilihat dari respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan google classroom terdapat 11 siswa merespon sangat positif atau sebesar 15,71%, 57 siswa merespon positif atau sebesar 81,43%, 2 siswa merespon negatif atau sebesar 2,86%, serta tidak ada siswa merespon sangat negatif. Berdasarkan hasil penelitian maka pembelajaran daring menggunakan google classroom efektif selama pandemi covid-19 di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Selong tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Google Classroom.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:33
Last Modified: 26 Apr 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21658

Actions (login required)

View Item View Item