Roaida, Agustina (2021) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN DI KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru pada pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN di kecamatan Gangga, Lombok Utara. Pembelajaran membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi murid sekolah dasar kelas awal (Kelas I). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.pada penelitan ini akan menguraikan bentuk kesulitan guru pada pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD di kecamatan gangga. Hasil penelitian kesulitan guru pada perencanaan pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar yaitu; 1) jumlah peserta didik dalam satu kelas lebih dari 28 orang, 2) adanya peserta didik yang tidak masuk sekolah TK/PAUD, 3) metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Dalam proses pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar kedepannya guru harus lebih memperhatikan strategi yang harus digunakan dalam pembelajaran permulaan sesuai dengan karakteristik, kemampuan dan kebutuhan peseerta didik khususnya dalam membimbing peserta didik yang belum bisa membaca dengan lancar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Kesulitan Guru, Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 00:33 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 00:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21659 |
Actions (login required)
View Item |