ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MATARAM PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TAHUN AJARAN 2019/2020

RINDA, LESTARI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MATARAM PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RINDA LESTARI (E1R112059) '' PENDIDIKAN MATEMATIKA''.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII A sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian, didapatkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan linear dua variabel secara umum dominan pada tingkat ke-1 (Kurang kreatif) sebanyak 50%. Kemudian diikuti siswa yang berada pada tingkat ke-0 (Tidak kreatif) sebanyak 20,9%. Selanjutnya, siswa yang berada pada tingkat ke-3 (Sangat kreatif) sebanyak 16,6% dan terakhir siswa yang berada pada tingkat ke-2 (Kreatif) sebanyak 12,5%. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa umunya dominan pada indikator kefasihan yaitu 69,2%. Kemudian diikuti indikator kebaruan yaitu 30,7%. Serta yang terakhir indikator fleksibilitas yaitu 22,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Berpikir Kreatif, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kefasihan, Fleksibilitas dan Kebaruan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:33
Last Modified: 26 Apr 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item