PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN BILANGAN SECARA BERSUSUN PADA SISWA KELAS II SDN 19 CAKRANEGARA

AGATHA, RAHAYU WIDI SILMANTO (2020) PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN BILANGAN SECARA BERSUSUN PADA SISWA KELAS II SDN 19 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AGATHA RAHAYU WIDI S - E1E015001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan terhadap aktivitas dan hasil belajar Matematika penjumlahan bilangan secara bersusun pada siswa kelas II SDN 19 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas II SDN 19 Cakranegara. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan hasil kelas II/A sebagai kelas eksperimen dan kelas II/B menjadi kelas kontrol. Data aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes tulis mengenai materi penjumlahan bilangan secara bersusun. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pegaruh media kantong bilangan terhadap aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II SDN 19 Cakranegara. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media kantong bilangan. Nilai rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen setelah diberi perlakuan sebesar 3,40 dan kelas kontrol sebesar 3,05. Nilai rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 84,44 dan kelas kontrol sebesar 75,71. Selain itu, berdasarkan analisis uji MANOVA dengan taraf 5% diperoleh hasil aktivitas belajar dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan hasil belajar dengan Sig. 0,031 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II SDN 19 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: media kantong bilangan, aktivitas belajar, hasil belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:33
Last Modified: 26 Apr 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item